Langsung ke konten utama

MENGAJAR


MENGAJAR

A.Pengertian MengajAr
Jadi, mengajar adalah suatu usaha mengorganisasikan lingkungan untuk menciptakan kondisi linkungan yang nyaman agar pengetahuan yang akan disampaikan oleh guru kepada peserta didik dapat tersampaikan..

B. Peran Guru dalam Proses Mengajar
Guru adalah aktor utama di dalam proses pembelajaran sehingga guru mempunyai peranan yang sangat penting, berikut ini merupakan peran guru dalam proses pembelajaran menurut Sanjaya (2010:21):
1.Guru sebagai sumber belajar
Peran ini berkenaan dengan peguasan guru terhadap materi pelajaran. Guru dikatakan baik mana kala ia dapat menguasai materi pelajaran denganbaik. Sehingga iadapat benar-benar menjadi sumber belajar bagi peserta didiknya.
2. Guru sebagai fasilitator
Sebagai fasilitator guru memberikan pelayanan yang mempermudah siswa dalam proses belajar
3. Guru sebagai pengelolah
Sebagai pengelola pembelajaran, guru berperan dalam menciptakan iklim belajar yang memungkinkan peserta didik dapat belajar secara nyaman. Melalui pengelolaan kelas yang baik guru dapat menjaga kelas agar tetap kondusif untuk terjadinya proses belajar seluruh peserta didik.
4. Guru sebagai demonstrator
Yang dimaksud dengan peran guru sebagai demonstrator adalah peran untuk mempertunjukkan kepada peserta didik segala sesuatu yang dapat membuat peserta didik lebih mengerti dan memahami setiap pesan yang disampaikan.
5. Guru sebagai pembimbing
Guru berperan untuk membimbing peserta didik dalam menemukan berbagai potensi yang dimilikinya sebagai bekal hidup mereka, sehingga ia dapat tumbuh dan berkembang sebagai manusia ideal yang menjadi harapan setiap orang tua dan masyarakat.
6. Guru sebagai motivator
Dalam proses pembelajaran, motivasi merupakan salah satu aspek dinamis yang sangat penting. Proses pembelajaran akan berhasil manakala peserta didik mempunyai motivasi dalam belajar. Oleh sebab itu, guru perlu menumbuhkan motivasi belajar peserta didik
7. Guru sebagai evaluator
Sebagai evaluator, guru berperan untuk mengumpulkan data atau informasi tentang keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran yang telah dilakukannya.


Sumber : Widarwati, Wijayati Erning, Sutisna Endang.2017.Modul Pengembangan Keprofesian berkelanjutan Mata Pelajaran IPS SMP. Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan




Komentar

Postingan populer dari blog ini

RINGKASAN MATERI NEGARA MESIR

  MESIR A.       Letak               1.        Astronomis:;   22 0   LU - 32 0   LU dan 25 0   BT   - 36 0 BT B.       Batas Wilayah Utara         :    Laut   Mediterania Selatan      :   Sudan Barat          :   Libya Timur         :   Laut Merah C.       Iklim   1.        Berdasarkan garis lintangnya, Negara Mesir memiliki iklim subtropik   dengan dua musim yaitu musim panas yang sangat panas (hot summer) dan musim dingin yang ringan (mild winter) 2.        Berdasarkan kondisi fisiknya memiliki iklim   gurun D.     ...

KEADAAN PENDUDUK BENUA ASIA

  Benua Asia merupakan benua terpadat penduduknya di dunia. Laju pertumbuhan penduduk di Benua Asia mencapai 1,5% pertahun. Komposisi penduduk benua Asia didominasi oleh penduduk berusia produktif.   Data tahun 2015 menunjukkan sebesar 25 persen penduduk Asia berusia di bawah usia 15 tahun dan sebesar 8 persen berusia 65 ke atas. Penduduk Asia berusia antara 15 sampai 65 tahun sebesar 67 persen. Ini berarti sebgaian besar penduduk Asia berusia produktif Berdasarkan indikator HDI, kualitas penduduk benua Asia bervariasi. Sejumlah negara di Asia memiliki kualitas yang tinggi, sedangkan sebagian lainnya sedang dan rendah. Jepang, Korea Selatan, Singapura, Brunei, china dan Saudi Arabia masuk kelompok dengan kualitas penduduk atau HDI sangat tinggi. Dilihat dari komposisi berdasarkan ras, penduduk di Benua Asia terdiri atas tiga ras utama yaitu Ras Mongoloid, Ras Kaukasoid, dan Ras Negroid. Tipe ras tersebut telah bercampur baur sehingga mengalami proses asimilasi antara sat...

SOAL PILIHAN GANDA DAN JAWABAN TENTANG PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA

  1. Orang atau kelompok orang yang mendapat kepercayaan masyarakat sebagai pemimpin lembaga kemasyarakatan untuk mengadakan perubahan dinamakan ... . a. agent of change                                      c. unplanned change b. intended change                                       d. unintended change 2. Suatu penemuan baru yang sudah diterima dan dipakai masyarakat disebut ... . a. discovery                                      ...