Langsung ke konten utama

PENGERTIAN, RUANG LINGKUP DAN KONSEP PEMBELAJARAN


PEMBELAJARAN

A.Pengertian Pembelajaran
Pembelajaran adalah proses interaksi antarpeserta didik, antara peserta didik dengan tenaga pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.

B. Konsep Pembelajaran
Dari uraian pengertian didapat konsep-konsep dalam pembelajaran sebagai berikut:
1.    Pembelajaran merupakan suatu proses pengembangan potensi dan pembangunan karakter setiap peserta didik sebagai hasil sinergi antara pendidikan yang berlangsung di sekolah, keluarga dan masyarakat.
2.    Pembelajaran harus berkenaan dengan kesempatan yang diberikan kepada peserta didik untuk mengkonstruksi pengetahuan dalam proses kognitifnya
3.    Pembelajaran merupakan kegiatan membelajarkan peserta didik menggunakan asas pendidikan maupun teori belajar yang merupakan penentu utama keberhasilan pendidikan

C.Prinsip Pembelajaran
Prinsip-prinsip dalam pembelajaran
  1. Peserta didik difasilitasi untuk mencari tahu
  2. Peserta didik belajar dari berbagai sumber belajar
  3. Proses belajar menggunakan pendekatan ilmiah
  4. Pembelajaran berbasis kompetensi
  5. Pembelajaran terpadu
  6. Pembelajaran menekankan pada jawaban divergen yang memiliki kebenaran multi dimensi
  7. Pembelajaran berbasis keterampilan aplikatif
  8. Peningkatan kesimbangan, kesinambungan, dan keterkaitan antara hard-skill dan soft-skill
  9. Pembelajaran yang mengutamakan pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik sebagai pembelajar sepanjang hayat
  10. Pembelajaran yang menerapkan nilai-nilai dengan member keteladanan (ing ngarso sung tulodo), membangun kemauan (ing madyo mangun karso), dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran (tut wuri handayani)
  11. Pembelajaran yang berlangsung di rumah, di sekolah dan di masyarakat
  12. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran
  13.  Pengakuan atas perbedaan individu dan latar belakang budaya peserta didik
  14.  Suasana belajar menyenangkan dan menantang


D.LIngkup Pembelajaran
Pembelajaran pada Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik atau pendekatan berbasis proses keilmuan. Pendekatan saintifik dapat menggunakan beberapa strategi seperti pembelajaran kontekstual.
Kurikulum 2013 menggunakan modus pembelajaran langsung (direct instructional) dan tidak langsung (indirect instructional).
Pembelajaran langsung adalah pembelajaran yang mengembangkan pengetahuan, kemampuan berpikir dan keterampilan menggunakan pengetahuan peserta didik melalui interaksi langsung dengan sumber belajar yang dirancang dalam silabus dan RPP. Dalam pembelajaran langsung peserta didik melakukan kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan. Pembelajaran langsung menghasilkan pengetahuan dan keterampilan langsung, yang disebut dengan dampak pembelajaran (instructional effect).
Pembelajaran tidak langsung adalah pembelajaran yang terjadi selama proses pembelajaran langsung yang dikondisikan menghasilkan dampak pengiring (nurturant effect). Pembelajaran tidak langsung berkenaan dengan pengembangan nilai dan sikap yang terkandung dalam KI-1 dan KI-2.
Pengembangan pembelajaran tidak langsung ini dilakukan oleh semua mata pelajaran dalam rangkan mengembangkan  nilai dan sikap moral peserta didik. Jadi pendidik dianjurkanuntuk mengamati perkembangan pnilai dan moral peserta didik baik saat berada di lingkungan sekolah maupun saat berada pada lingkungan masyarakat.



Sumber : Widarwati, Wijayati Erning, Sutisna Endang.2017.Modul Pengembangan Keprofesian berkelanjutan Mata Pelajaran IPS SMP. Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan




Komentar

Postingan populer dari blog ini

RINGKASAN MATERI NEGARA MESIR

  MESIR A.       Letak               1.        Astronomis:;   22 0   LU - 32 0   LU dan 25 0   BT   - 36 0 BT B.       Batas Wilayah Utara         :    Laut   Mediterania Selatan      :   Sudan Barat          :   Libya Timur         :   Laut Merah C.       Iklim   1.        Berdasarkan garis lintangnya, Negara Mesir memiliki iklim subtropik   dengan dua musim yaitu musim panas yang sangat panas (hot summer) dan musim dingin yang ringan (mild winter) 2.        Berdasarkan kondisi fisiknya memiliki iklim   gurun D.     ...

KEADAAN PENDUDUK BENUA ASIA

  Benua Asia merupakan benua terpadat penduduknya di dunia. Laju pertumbuhan penduduk di Benua Asia mencapai 1,5% pertahun. Komposisi penduduk benua Asia didominasi oleh penduduk berusia produktif.   Data tahun 2015 menunjukkan sebesar 25 persen penduduk Asia berusia di bawah usia 15 tahun dan sebesar 8 persen berusia 65 ke atas. Penduduk Asia berusia antara 15 sampai 65 tahun sebesar 67 persen. Ini berarti sebgaian besar penduduk Asia berusia produktif Berdasarkan indikator HDI, kualitas penduduk benua Asia bervariasi. Sejumlah negara di Asia memiliki kualitas yang tinggi, sedangkan sebagian lainnya sedang dan rendah. Jepang, Korea Selatan, Singapura, Brunei, china dan Saudi Arabia masuk kelompok dengan kualitas penduduk atau HDI sangat tinggi. Dilihat dari komposisi berdasarkan ras, penduduk di Benua Asia terdiri atas tiga ras utama yaitu Ras Mongoloid, Ras Kaukasoid, dan Ras Negroid. Tipe ras tersebut telah bercampur baur sehingga mengalami proses asimilasi antara sat...

SOAL PILIHAN GANDA DAN JAWABAN TENTANG PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA

  1. Orang atau kelompok orang yang mendapat kepercayaan masyarakat sebagai pemimpin lembaga kemasyarakatan untuk mengadakan perubahan dinamakan ... . a. agent of change                                      c. unplanned change b. intended change                                       d. unintended change 2. Suatu penemuan baru yang sudah diterima dan dipakai masyarakat disebut ... . a. discovery                                      ...