EVALUASI
PENDIDIKAN MENURUT AL GHAZALI
Pendapat Al-Ghazali
mengenai evaluasi pendidikan mungkin dianggap aneh oleh praktisi pendidikan
yang terbiasa menggunakan papper and pencil test atau tes-tes lain yang sudah
disiapkan sejak dini soal-soal yang harus dijawab.
Bagi al ghazali,
evaluasi pendidikan harus bisa mengukur kemampuan peserta didik dalam
menghadapi dan memecahkan permasalahan kehidupan yang dihadapi oleh peserta
didik sesuai dengan keilmuan yang dikuasainya.
Evaluasi menurut al
ghazali harus berangkat dari permasalahan-permasalahan yang benar-benar terjadi
dalam kehidupan ini, bukan masalah hasil rekayasa oleh pendidik. Berdasar
permasalahan tersebut murid dipersilahkan untuk memecahkannya.
Seharusnya ujian juga
bisa dilakukan dengan cara open book,
malah kalau perlu ujian diadakan di perpustakaan sehingga kalau lupa suatu
formula, dalam statistik misalnya, bisa pergi membaca sederetan buku statistik
yang ada di perpustakaan.
Bukankah dalam
kehidupan sehari-hari kita tidak dituntut untuk menghafal formula(rumus) tersebut. Yang dituntut dalam kehidupan adalah
menyelesaikan masalah yang dihadapi tersebut.
Sumber
: Sulaiman, Fathiyah Hasan.1986.Konsep
Pendidikan Al-Ghazali. Jakarta:P3M
Komentar
Posting Komentar