Langsung ke konten utama

EVALUASI PENDIDIKAN MENURUT AL-GHAZALI


EVALUASI PENDIDIKAN MENURUT AL GHAZALI

Pendapat Al-Ghazali mengenai evaluasi pendidikan mungkin dianggap aneh oleh praktisi pendidikan yang terbiasa menggunakan papper and pencil test atau tes-tes lain yang sudah disiapkan sejak dini soal-soal yang harus dijawab.
Bagi al ghazali, evaluasi pendidikan harus bisa mengukur kemampuan peserta didik dalam menghadapi dan memecahkan permasalahan kehidupan yang dihadapi oleh peserta didik sesuai dengan keilmuan yang dikuasainya.
Evaluasi menurut al ghazali harus berangkat dari permasalahan-permasalahan yang benar-benar terjadi dalam kehidupan ini, bukan masalah hasil rekayasa oleh pendidik. Berdasar permasalahan tersebut murid dipersilahkan untuk memecahkannya.
Seharusnya ujian juga bisa dilakukan dengan cara open book, malah kalau perlu ujian diadakan di perpustakaan sehingga kalau lupa suatu formula, dalam statistik misalnya, bisa pergi membaca sederetan buku statistik yang ada di perpustakaan.
Bukankah dalam kehidupan sehari-hari kita tidak dituntut untuk menghafal formula(rumus)  tersebut. Yang dituntut dalam kehidupan adalah menyelesaikan masalah yang dihadapi tersebut.





Sumber : Sulaiman, Fathiyah Hasan.1986.Konsep Pendidikan Al-Ghazali. Jakarta:P3M




Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARTI DAN MAKNA LOGO "SMPN 1 KUDU JOMBANG"

  LOGO SMPN 1 KUDU Logo SMP Negeri 1 Kudu berupa Perisai segilima berwarna biru langit  bertuliskan SMP NEGERI 1 KUDU dengan semboyan “AGAMIS PELESTARI BUDAYA LOKAL”  beserta  gambar  menara masjid berwarna hijua dengan kubah berwarna merah, dua buah sayap berwarna kuning emas yang berjumlah 5 untuk tiap sisinya, satu bintan di atas kubah berwarna emas, buku berwarna biru tua dan sebuah gamelan.   A.       GAMBAR DAN ARTINYA 1.        PERISAI SEGI LIMA berarti tekad sekolah untuk membentengi seluruh wragnya terhadap pengaruh yang tidak baik berdasarkan lima sila dari pancasila 2.        MENARA MASJID Berarti letak SMPN 1 Kudu di kota Jombang sebagai kota santri 3.        BINTANG Tekad untuk membimbing setiap siswa untuk mencapai prestasi maksimal sesuai dengan bakat dan kemampuannya 4.        SAYAP BERJUMLAH LIMA KANAN DAN KIRI Tekad untuk mengantarkan warga sekolah menuju masa depan yang lebih baik 5.        BUKU Kegiatan Belajar dan Mengajar yang dilaksanakan

SOAL PILIHAN GANDA DAN JAWABAN TENTANG PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA

  1. Orang atau kelompok orang yang mendapat kepercayaan masyarakat sebagai pemimpin lembaga kemasyarakatan untuk mengadakan perubahan dinamakan ... . a. agent of change                                      c. unplanned change b. intended change                                       d. unintended change 2. Suatu penemuan baru yang sudah diterima dan dipakai masyarakat disebut ... . a. discovery                                                c. invention b. inovasi                                                    d. aplikasi 3. Perhatikan data berikut ini! 1) Hubungan didasarkan kekeluargaan        5) Pendidikan formal tinggi 2) Tertutup dengan masyarakat lain                        6) Mendasarkan hukum tertulis 3) Memanfaatkan IPTEK untuk kesejahteraan   7) Ekonomi pasar 4) Profesional                                                           8) Sikap menerima perubahan Ciri masyarakat modern ditunjukkan pernyataan …. a. 1, 2, 3, 4, 5, 6                      

RINGKASAN MATERI NEGARA MESIR

  MESIR A.       Letak               1.        Astronomis:;   22 0   LU - 32 0   LU dan 25 0   BT   - 36 0 BT B.       Batas Wilayah Utara         :    Laut   Mediterania Selatan      :   Sudan Barat          :   Libya Timur         :   Laut Merah C.       Iklim   1.        Berdasarkan garis lintangnya, Negara Mesir memiliki iklim subtropik   dengan dua musim yaitu musim panas yang sangat panas (hot summer) dan musim dingin yang ringan (mild winter) 2.        Berdasarkan kondisi fisiknya memiliki iklim   gurun D.       Bentuk muka bumi 1.        Sebagian besar berupa gumuk pasir (sand dunes) 2.        Bentuk muka bumi utama a. Semenanjung Sinai  Semenanjung Sinai merupakan daerah tandus dan bergunung-gunung dengan puncaknya Jabel Katherina (1.602 m).  b. Gurun Timur  Daerah Gurun Timur terletak di antara Laut Merah dan Sungai Nil. Wilayahnya berupa pegunungan yang tandus dan sulit dilalui. Puncak tertingginya adalah Jabel Hamanda dengan tinggi 1.977