KONSEP
PEMBELAJARAN TERPADU DALAM IPS
Pembelajaran
terpadu dalam IPS disebut juga sebagai pembelajaran interdisipliner. Pada pendekatan ini program pembelajaran disusun
disusun dari berbagai cabang ilmu dalam rumpun ilmu social. Pengembangan pembelajaran dalam pendekatan
ini bisa disusun dengan mengambil tema dari suatu cabang ilmu tertentu kemudian
diperluas, dilengkapi, dibahas dan dip0erdalam dengan cabang-cabang ilmu yang
lain.
Tema dapat dikembangkan dari isu, peristiwa
dan masalah-masalah yang sedang berkembang dalam masyarakat. Sehingga permasalahan
tersebut sangat mungkin untuk dikaji dan dipecahkan dari berbagai sudut pandang
dari berbagai macam disiplin ilmu – ilmu sosial. Misalnya masalah banjir,
potensi pariwisata, globalisasi, perkembangan IPTEK dan lain-lain.
Sumber : Widarwati,
Wijayati Erning, Sutisna Endang.2017.Modul Pengembangan Keprofesian berkelanjutan Mata
Pelajaran IPS SMP. Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Komentar
Posting Komentar