MUATAN
PEMBELAJARAN IPS
A.Muatan
Pembelajaran IPS
Pada hakekatnya IPS
dikembangkan sebagai mata pelajaran berbentuk integrated sciences dan integrated
social studies. Muatan IPS berasal dari sejarah, geografi, ekonomi dan
sosiologi.
Pada mata pelajaran
IPS program pendidikan yang dijalankan beorientasi pada kegiatan aplikatif, pengembangan kemampuan berfikir,
kemampuan belajar, rasa ingin tahu dan pengembangan sikap peduli dan
bertanggung jawab terhadap lingkungan social dan alam.
B.Ruang
lingkup maple IPS
Mapel IPS terutama
dikembangkan untuk menghadapi tantangan kehidupan di era global yang semakin
meningkat. Untuk itu bangsa Indonesia perlu memupuk nasionalisme budaya (cultural nationalism) yang berarti
pengakuan terhadap budaya etnis yang beragam yang lahir dan berkembang di dalam
masyarakat Indonesia. Selain itu perlu mengelola sumberdaya alam untuk menjamin
kesejahteraan bangsanya berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan
prinsip keadilan social. Meningkatkan daya saing produk barang dan jasa melalui
peningkatan sumberdaya manusia sebagai subyek dalam persaingan tersebut.
Dari semua tantangan
tersebut, pendidikan IPS mengambil peran untuk member pemahaman yang luas dan
mendalam pada bidang ilmu yang berkaitan, yaitu:
(1) Memperkenalkan konsep-konsep yang
berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya;
(2) Membekali kemampuan dasar untuk
berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan
keterampilan dalam kehidupan sosial;
(3) Memupuk komitmen dan kesadaran
terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan;
(4) Membina kemampuan berkomunikasi, bekerjasama,
dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, baik di tingkat local, nasional
maupun global.
Jadi Ruang lingkup IPS adalah perilaku sosial, ekonomi, dan budaya manusia di masyarakat
dalam konteks ruang dan waktu yang mengalami perubahan.
Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran, masyarakat
menjadi sumber utama IPS
C.
Rekomendasi Best Practice dalam pembelajaran IPS
Rekomendasi
dari Zimelman berikut dapat dijadikan tambahan informasi dalam membelajarkan
IPS sesuai dengan Kurikulum 2013, peserta didik perlu:
1. diberi kesempatan untuk
melakukan investigasi pada tema dan sub tema secara
mendalam
2. melakukan eksplorasi yang
menantang dari pertanyaan yang terbuka
3. berpartisipasi aktif
dalam proses pembelajaran
4.
terlibat aktif baik secara individu maupun kelompok sehingga tercipta ketrampilan
dan kebiasaan yang diperlukan untuk belajar sepanjang masa
5.
terlibat secara aktif dalam membaca, menulis, mengobservasi, mendiskusikan,
mempertentangkan sehingga dapat menjamin keterlibatan mereka
6.
membangun pengetahuan awal dari kehidupan mereka di masyarakat
7.
mengeksplor budaya masyarakat setempat hingga budaya nasional
Sumber : Widarwati,
Wijayati Erning, Sutisna Endang.2017.Modul Pengembangan Keprofesian berkelanjutan Mata
Pelajaran IPS SMP. Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Komentar
Posting Komentar