Langsung ke konten utama

MUATAN PEMBELAJARAN IPS


MUATAN PEMBELAJARAN IPS

A.Muatan Pembelajaran IPS
Pada hakekatnya IPS dikembangkan sebagai mata pelajaran berbentuk integrated sciences dan integrated social studies. Muatan IPS berasal dari sejarah, geografi, ekonomi dan sosiologi.
Pada mata pelajaran IPS program pendidikan yang dijalankan beorientasi pada kegiatan  aplikatif, pengembangan kemampuan berfikir, kemampuan belajar, rasa ingin tahu dan pengembangan sikap peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan social dan alam.

B.Ruang lingkup maple IPS
Mapel IPS terutama dikembangkan untuk menghadapi tantangan kehidupan di era global yang semakin meningkat. Untuk itu bangsa Indonesia perlu memupuk nasionalisme budaya (cultural nationalism) yang berarti pengakuan terhadap budaya etnis yang beragam yang lahir dan berkembang di dalam masyarakat Indonesia. Selain itu perlu mengelola sumberdaya alam untuk menjamin kesejahteraan bangsanya berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan prinsip keadilan social. Meningkatkan daya saing produk barang dan jasa melalui peningkatan sumberdaya manusia sebagai subyek dalam persaingan tersebut.
Dari semua tantangan tersebut, pendidikan IPS mengambil peran untuk member pemahaman yang luas dan mendalam pada bidang ilmu yang berkaitan, yaitu:
(1) Memperkenalkan konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya;
(2) Membekali kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial;
(3) Memupuk komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan;  
(4) Membina kemampuan berkomunikasi, bekerjasama, dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, baik di tingkat local, nasional maupun global.

Jadi Ruang lingkup IPS adalah perilaku sosial, ekonomi, dan budaya manusia di masyarakat dalam konteks ruang dan waktu yang mengalami perubahan.
Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran, masyarakat menjadi sumber utama IPS

C. Rekomendasi Best Practice dalam pembelajaran IPS
Rekomendasi dari Zimelman berikut dapat dijadikan tambahan informasi dalam membelajarkan IPS sesuai dengan Kurikulum 2013, peserta didik perlu:
1. diberi kesempatan untuk melakukan investigasi pada tema dan sub tema secara mendalam
2. melakukan eksplorasi yang menantang dari pertanyaan yang terbuka
3. berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran
4. terlibat aktif baik secara individu maupun kelompok sehingga tercipta ketrampilan dan kebiasaan yang diperlukan untuk belajar sepanjang masa
5. terlibat secara aktif dalam membaca, menulis, mengobservasi, mendiskusikan, mempertentangkan sehingga dapat menjamin keterlibatan mereka
6. membangun pengetahuan awal dari kehidupan mereka di masyarakat
7. mengeksplor budaya masyarakat setempat hingga budaya nasional



Sumber : Widarwati, Wijayati Erning, Sutisna Endang.2017.Modul Pengembangan Keprofesian berkelanjutan Mata Pelajaran IPS SMP. Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan




Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARTI DAN MAKNA LOGO "SMPN 1 KUDU JOMBANG"

  LOGO SMPN 1 KUDU Logo SMP Negeri 1 Kudu berupa Perisai segilima berwarna biru langit  bertuliskan SMP NEGERI 1 KUDU dengan semboyan “AGAMIS PELESTARI BUDAYA LOKAL”  beserta  gambar  menara masjid berwarna hijua dengan kubah berwarna merah, dua buah sayap berwarna kuning emas yang berjumlah 5 untuk tiap sisinya, satu bintan di atas kubah berwarna emas, buku berwarna biru tua dan sebuah gamelan.   A.       GAMBAR DAN ARTINYA 1.        PERISAI SEGI LIMA berarti tekad sekolah untuk membentengi seluruh wragnya terhadap pengaruh yang tidak baik berdasarkan lima sila dari pancasila 2.        MENARA MASJID Berarti letak SMPN 1 Kudu di kota Jombang sebagai kota santri 3.        BINTANG Tekad untuk membimbing setiap siswa untuk mencapai prestasi maksimal sesuai dengan bakat dan kemampuannya 4.        SAYAP BERJUMLAH LIMA KANAN DAN KIRI Tekad untuk mengantarkan warga sekolah menuju masa depan yang lebih baik 5.        BUKU Kegiatan Belajar dan Mengajar yang dilaksanakan

SOAL PILIHAN GANDA DAN JAWABAN TENTANG PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA

  1. Orang atau kelompok orang yang mendapat kepercayaan masyarakat sebagai pemimpin lembaga kemasyarakatan untuk mengadakan perubahan dinamakan ... . a. agent of change                                      c. unplanned change b. intended change                                       d. unintended change 2. Suatu penemuan baru yang sudah diterima dan dipakai masyarakat disebut ... . a. discovery                                                c. invention b. inovasi                                                    d. aplikasi 3. Perhatikan data berikut ini! 1) Hubungan didasarkan kekeluargaan        5) Pendidikan formal tinggi 2) Tertutup dengan masyarakat lain                        6) Mendasarkan hukum tertulis 3) Memanfaatkan IPTEK untuk kesejahteraan   7) Ekonomi pasar 4) Profesional                                                           8) Sikap menerima perubahan Ciri masyarakat modern ditunjukkan pernyataan …. a. 1, 2, 3, 4, 5, 6                      

RINGKASAN MATERI NEGARA MESIR

  MESIR A.       Letak               1.        Astronomis:;   22 0   LU - 32 0   LU dan 25 0   BT   - 36 0 BT B.       Batas Wilayah Utara         :    Laut   Mediterania Selatan      :   Sudan Barat          :   Libya Timur         :   Laut Merah C.       Iklim   1.        Berdasarkan garis lintangnya, Negara Mesir memiliki iklim subtropik   dengan dua musim yaitu musim panas yang sangat panas (hot summer) dan musim dingin yang ringan (mild winter) 2.        Berdasarkan kondisi fisiknya memiliki iklim   gurun D.       Bentuk muka bumi 1.        Sebagian besar berupa gumuk pasir (sand dunes) 2.        Bentuk muka bumi utama a. Semenanjung Sinai  Semenanjung Sinai merupakan daerah tandus dan bergunung-gunung dengan puncaknya Jabel Katherina (1.602 m).  b. Gurun Timur  Daerah Gurun Timur terletak di antara Laut Merah dan Sungai Nil. Wilayahnya berupa pegunungan yang tandus dan sulit dilalui. Puncak tertingginya adalah Jabel Hamanda dengan tinggi 1.977