Langsung ke konten utama

TUJUAN PENDIDIKAN MENURUT IMAM AL-GHAZALI


TUJUAN PENDIDIKAN MENURUT AL-GHAZALI

A. Arti Penting Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan
Al-Ghazali menaruh perhatian yang besar pada ilmu pengetahuan dan pendidikan. Ia sangat yakin bahwa pendidikan yang benar merupkan jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah dan untuk  mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Karena itu ia megangkat kedudukan guru dan menaruh kepercayaan kepada guru yang salih sebagai  pendidik teladan.

B. Tujuan Pendidikan
Menurut Al-Ghazali terdapat dua tujuan yang hendak dicapai dalam suatu proses pendidikan. Pertama adalah kesempurnaan manusia yang puncaknya adalah dekat kepada Allah. Kedua adalah kesempatan manusia yang puncaknya adalah kebahagiaan dunia dan akhirat
Diantara kedua tujuan tersebut, al-ghazali tetap lebih menekankan kepada tujuan yang pertama. Beliau menganggap bahwa pelayanan urusan dunia merupakan suplementer untuk mencapai kebahagiaan akhirat yang hanya bisa dicapai dengan dekat kepada Allah. Dunia adalah ladang menuju akhirat. Ia merupakan sarana menuju kepada Allah, bukan tempat menetap dan bertempat tinggal

C. Sarana Pokok untuk mencapai tujuan Pendidikan
Ada dua sarana pokok untuk mencapai tujuan pendidikan menurut Al-Ghazali.
Pertama, bidang pengetahuan yang harus menjadi bekal para murid.
Dalam artian murid harus dibekali dengan berbagai jenis pengetahuan yang diperlukannya untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat
Kedua  adalah metode yang baik untuk menyampaikan ilmu pengetahuan tersebut pada murid
Dengan menggunakan metode yang baik, murid diharapkan dapat mengambil manfaat dari materi tersebut. Dengan demikian murid dapat mencapai tujuan yang diinginkan dari pendidikan dan pengajarannya.





Sumber : Sulaiman, Fathiyah Hasan.1986.Konsep Pendidikan Al-Ghazali. Jakarta:P3M

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARTI DAN MAKNA LOGO "SMPN 1 KUDU JOMBANG"

  LOGO SMPN 1 KUDU Logo SMP Negeri 1 Kudu berupa Perisai segilima berwarna biru langit  bertuliskan SMP NEGERI 1 KUDU dengan semboyan “AGAMIS PELESTARI BUDAYA LOKAL”  beserta  gambar  menara masjid berwarna hijua dengan kubah berwarna merah, dua buah sayap berwarna kuning emas yang berjumlah 5 untuk tiap sisinya, satu bintan di atas kubah berwarna emas, buku berwarna biru tua dan sebuah gamelan.   A.       GAMBAR DAN ARTINYA 1.        PERISAI SEGI LIMA berarti tekad sekolah untuk membentengi seluruh wragnya terhadap pengaruh yang tidak baik berdasarkan lima sila dari pancasila 2.        MENARA MASJID Berarti letak SMPN 1 Kudu di kota Jombang sebagai kota santri 3.        BINTANG Tekad untuk membimbing setiap siswa untuk mencapai prestasi maksimal sesuai dengan bakat dan kemampuannya 4.        SAYAP BERJUMLAH LIMA KANAN DAN KIRI Tekad untuk mengantarkan warga sekolah menuju masa depan yang lebih baik 5.        BUKU Kegiatan Belajar dan Mengajar yang dilaksanakan

SOAL PILIHAN GANDA DAN JAWABAN TENTANG PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA

  1. Orang atau kelompok orang yang mendapat kepercayaan masyarakat sebagai pemimpin lembaga kemasyarakatan untuk mengadakan perubahan dinamakan ... . a. agent of change                                      c. unplanned change b. intended change                                       d. unintended change 2. Suatu penemuan baru yang sudah diterima dan dipakai masyarakat disebut ... . a. discovery                                                c. invention b. inovasi                                                    d. aplikasi 3. Perhatikan data berikut ini! 1) Hubungan didasarkan kekeluargaan        5) Pendidikan formal tinggi 2) Tertutup dengan masyarakat lain                        6) Mendasarkan hukum tertulis 3) Memanfaatkan IPTEK untuk kesejahteraan   7) Ekonomi pasar 4) Profesional                                                           8) Sikap menerima perubahan Ciri masyarakat modern ditunjukkan pernyataan …. a. 1, 2, 3, 4, 5, 6                      

RINGKASAN MATERI NEGARA MESIR

  MESIR A.       Letak               1.        Astronomis:;   22 0   LU - 32 0   LU dan 25 0   BT   - 36 0 BT B.       Batas Wilayah Utara         :    Laut   Mediterania Selatan      :   Sudan Barat          :   Libya Timur         :   Laut Merah C.       Iklim   1.        Berdasarkan garis lintangnya, Negara Mesir memiliki iklim subtropik   dengan dua musim yaitu musim panas yang sangat panas (hot summer) dan musim dingin yang ringan (mild winter) 2.        Berdasarkan kondisi fisiknya memiliki iklim   gurun D.       Bentuk muka bumi 1.        Sebagian besar berupa gumuk pasir (sand dunes) 2.        Bentuk muka bumi utama a. Semenanjung Sinai  Semenanjung Sinai merupakan daerah tandus dan bergunung-gunung dengan puncaknya Jabel Katherina (1.602 m).  b. Gurun Timur  Daerah Gurun Timur terletak di antara Laut Merah dan Sungai Nil. Wilayahnya berupa pegunungan yang tandus dan sulit dilalui. Puncak tertingginya adalah Jabel Hamanda dengan tinggi 1.977