MENGAJAR
A.Pengertian
MengajAr
Jadi, mengajar adalah suatu usaha mengorganisasikan
lingkungan untuk menciptakan kondisi linkungan yang nyaman agar pengetahuan
yang akan disampaikan oleh guru kepada peserta didik dapat tersampaikan..
B. Peran
Guru dalam Proses Mengajar
Guru adalah aktor utama di dalam proses pembelajaran
sehingga guru mempunyai peranan yang sangat penting, berikut ini merupakan
peran guru dalam proses pembelajaran menurut Sanjaya (2010:21):
1.Guru sebagai sumber belajar
Peran ini berkenaan dengan peguasan guru
terhadap materi pelajaran. Guru dikatakan baik mana kala ia dapat menguasai
materi pelajaran denganbaik. Sehingga iadapat benar-benar menjadi sumber
belajar bagi peserta didiknya.
2. Guru sebagai fasilitator
Sebagai fasilitator guru memberikan pelayanan
yang mempermudah siswa dalam proses belajar
3. Guru sebagai pengelolah
Sebagai pengelola pembelajaran, guru berperan
dalam menciptakan iklim belajar yang memungkinkan peserta didik dapat belajar
secara nyaman. Melalui pengelolaan kelas yang baik guru dapat menjaga kelas
agar tetap kondusif untuk terjadinya proses belajar seluruh peserta didik.
4. Guru sebagai demonstrator
Yang dimaksud dengan peran guru sebagai demonstrator
adalah peran untuk mempertunjukkan kepada peserta didik segala sesuatu yang
dapat membuat peserta didik lebih mengerti dan memahami setiap pesan yang
disampaikan.
5. Guru sebagai pembimbing
Guru berperan untuk membimbing peserta didik dalam
menemukan berbagai potensi yang dimilikinya sebagai bekal hidup mereka,
sehingga ia dapat tumbuh dan berkembang sebagai manusia ideal yang menjadi
harapan setiap orang tua dan masyarakat.
6. Guru sebagai motivator
Dalam proses pembelajaran, motivasi merupakan
salah satu aspek dinamis yang sangat penting. Proses pembelajaran akan berhasil
manakala peserta didik mempunyai motivasi dalam belajar. Oleh sebab itu, guru
perlu menumbuhkan motivasi belajar peserta didik
7. Guru sebagai evaluator
Sebagai evaluator, guru berperan untuk mengumpulkan
data atau informasi tentang keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran yang
telah dilakukannya.
Sumber : Widarwati, Wijayati Erning, Sutisna Endang.2017.Modul Pengembangan Keprofesian berkelanjutan Mata
Pelajaran IPS SMP. Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Komentar
Posting Komentar