PEMBELAJARAN
A.Pengertian
Pembelajaran
Pembelajaran adalah proses interaksi antarpeserta didik,
antara peserta didik dengan tenaga pendidik dan sumber belajar pada suatu
lingkungan belajar.
B.
Konsep Pembelajaran
Dari uraian pengertian didapat konsep-konsep dalam
pembelajaran sebagai berikut:
1. Pembelajaran
merupakan suatu proses pengembangan potensi dan pembangunan karakter setiap
peserta didik sebagai hasil sinergi antara pendidikan yang berlangsung di
sekolah, keluarga dan masyarakat.
2. Pembelajaran
harus berkenaan dengan kesempatan yang diberikan kepada peserta didik untuk
mengkonstruksi pengetahuan dalam proses kognitifnya
3. Pembelajaran
merupakan kegiatan membelajarkan peserta didik menggunakan asas pendidikan
maupun teori belajar yang merupakan penentu utama keberhasilan pendidikan
C.Prinsip
Pembelajaran
Prinsip-prinsip dalam pembelajaran
- Peserta didik difasilitasi untuk mencari tahu
- Peserta didik belajar dari berbagai sumber belajar
- Proses belajar menggunakan pendekatan ilmiah
- Pembelajaran berbasis kompetensi
- Pembelajaran terpadu
- Pembelajaran menekankan pada jawaban divergen yang memiliki kebenaran multi dimensi
- Pembelajaran berbasis keterampilan aplikatif
- Peningkatan kesimbangan, kesinambungan, dan keterkaitan antara hard-skill dan soft-skill
- Pembelajaran yang mengutamakan pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik sebagai pembelajar sepanjang hayat
- Pembelajaran yang menerapkan nilai-nilai dengan member keteladanan (ing ngarso sung tulodo), membangun kemauan (ing madyo mangun karso), dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran (tut wuri handayani)
- Pembelajaran yang berlangsung di rumah, di sekolah dan di masyarakat
- Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran
- Pengakuan atas perbedaan individu dan latar belakang budaya peserta didik
- Suasana belajar menyenangkan dan menantang
D.LIngkup
Pembelajaran
Pembelajaran
pada Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik atau pendekatan berbasis
proses keilmuan. Pendekatan saintifik dapat menggunakan beberapa strategi
seperti pembelajaran kontekstual.
Kurikulum
2013 menggunakan modus pembelajaran langsung (direct instructional) dan
tidak langsung (indirect instructional).
Pembelajaran
langsung adalah pembelajaran yang mengembangkan pengetahuan, kemampuan berpikir
dan keterampilan menggunakan pengetahuan peserta didik melalui interaksi
langsung dengan sumber belajar yang dirancang dalam silabus dan RPP. Dalam
pembelajaran langsung peserta didik melakukan kegiatan mengamati, menanya,
mengumpulkan informasi/mencoba, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan. Pembelajaran
langsung menghasilkan pengetahuan dan keterampilan langsung, yang disebut
dengan dampak pembelajaran (instructional effect).
Pembelajaran
tidak langsung adalah pembelajaran yang terjadi selama proses pembelajaran
langsung yang dikondisikan menghasilkan dampak pengiring (nurturant effect).
Pembelajaran tidak langsung berkenaan dengan pengembangan nilai dan sikap yang
terkandung dalam KI-1 dan KI-2.
Pengembangan
pembelajaran tidak langsung ini dilakukan oleh semua mata pelajaran dalam
rangkan mengembangkan nilai dan sikap
moral peserta didik. Jadi pendidik dianjurkanuntuk mengamati perkembangan
pnilai dan moral peserta didik baik saat berada di lingkungan sekolah maupun saat
berada pada lingkungan masyarakat.
Sumber : Widarwati, Wijayati Erning, Sutisna Endang.2017.Modul Pengembangan Keprofesian berkelanjutan Mata
Pelajaran IPS SMP. Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Komentar
Posting Komentar