Langsung ke konten utama

MENJADI GURU BERHATI GURU

 

            Dalam suatu prose pembelajaran peran guru sangat penting untuk menjaga keutuhan pemahaman siswa terhadap suatu konsep atau fakta. Kehadiran guru tidak bisa digantikan oleh teknologi, walaupun tidak kita pungkiri bahwa teknologi saat ini memberi bantuan yang sangat besar dalam proses pembelajaran

Kehadiran google, bimbingan belajar online dan berbagai situs belajar online lainnya tidaklah bisa menggeser peran guru sebagi pihak terakhir yang bertugas mengkonfirmasi kevalidan dan keutuhan pemahaman konsep yang telah dikuasai oleh siswa.

Walaupun peran guru masih cukup strategis dalam proses pembelajaran, guru tidak boleh lengah dan merasa cukup. Justru keadaan ini seharusnya membuat guru semakin berpacu untuk meningkatkan kualitasnya, sehingga peran yang penting tersebut tidak terkikis.

Tetapi agak disayangkan, belum semua guru mampu menjalankan tugas tersebut dengan sebaik-baiknya. Hal ini terjadi karena kompetensi yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas tersebut belum dikuasai dengan baik.

Kompetensi yang harus dikuasi oleh seorang guru tidak hanya berhubungan dengan ilmu pengetahuan saja, tetapi kompetensi yang utuh dari seorang guru sebagai manusia. Karena kita tidak  dapat memungkiri bahwa untuk mendidik dan menjadikan manusia yang baik harus dilakukan oleh guru yang baik pula.

Lalu, bagaimana kriteria guru yang baik dan dapat mendidik anak dengan baik juga? Jawabannya adalah guru yang mempunyai kompetensi utuh sebagai guru. Atau dalam bahasa lain disebut sebagai guru yang berhati guru.

 

Guru Berhati Guru

Untuk menjadi guru yang berhati guru, seorang guru harus memenuhi empat syarat sebagai berikut: 1) hati yang ikhlas 2) kemampuan mengembangkan pembelajaran lebih dari sekedar menyampaikan pengetahuan; 3) kemampuan berkomunikasi dengan efektif; 4) kemampuan mengajar dengan strartegi pembelajaran yang menarik

1)      Hati yang ikhlas

Keihlasan merupakan syarat utama yang harus dimiliki oleh seorang guru, karena hal tersebut akan menjadi perisai yang tangguh bagi seorang guru saat menghadapi berbagai tantangan selama melaksanakan tugasnya. Ihlas tidak berarti guru hanya memikirkan kewajibannya saja tanpa mempedulikan hak yang harus diterima, tetapi ihlas berarti keseimbangan antara kedua hal tersebut.

Banyak alasan yang dapat membesarkan hati seorang guru untuk selalu bersikap ikhlas dalam menjalani kehidupannya dan dalam menjalankan tugasnya. Alasan-alasan tersebut adalah sebagai berikut: 1) Guru dimuliakan oleh Allah dan masyarakat karena guru mendidik orang dari tidak tahu menjadi tahu, 2) Guru orang yang beruntung karena guru memiliki andil besar dalam mengubah perilaku siswa dari kurang baik menjadi baik. 3) Guru memiliki investasi yang abadi karena  ilmu yang disampaikan oleh guru bernilai amal jariyah. 4) Guru memiliki tugas yang mulia karena guru memiliki dua peran sekaligus yaitu sebagai  agen dalam transfer ilmu pengetahuandan sebagai penjaga nilai-nilai kebenaran. 5) Guru merupakan salah satu pintu masuknya ilmu ke dalam hati sanubari siswa.

2)      Kemampuan mengembangkan proses pembelajaran lebih dari sekedar menyampaikan pengetahuan

Guru yang berhati guru akan selalu memberikan yang terbaik kepada siswa yang dibimbingnya. Dia tidak sekedar menyampaikan pengetahuan saja, tetapi lebih dari itu dia juga menyampaikan ilmu tentang kehidupan dalam setiap materi yang diajarkannya.

Ilmu-ilmu kehidupan tersebut dapat berupa motivasi untuk meningkatkan karakter siswa dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa (Sikap spiritual), karakter dalam hubungannya dengan masyarakat (sikap social).

3)      Mampu berkomunikasi dengan efektif

Untuk dapat mengajar dengan baik, guru harus menguasai ilmu komunikasi yang efektif. Ilmu ini tidak bisa lepas dari kemampuan guru memilih kata selama berinteraksi dengan peserta didik.

Dalam berinteraksi dengan siswa sebaiknya guru memilih kata dengan karakteristik sebagai berikut:

a.       Ucapan yang tepat

Ucapan yang tepat akan membangun karakter siswa menjadi baik dan kepercayaan diri mereka akan meningkat. Untuk mengucapkan kata yang tepat diperlukan kepandaian guru membaca situasi dan kondisi. Tidak diperkenankan guru asal berbicara saja tanpa mengetahui secara pasti keadaan dari peserta didik. Dan saat bicara guru harus mencari saat yang benar-benar tepat.

b.      Ucapan yang berkesan

Ucapan yang berkesan selalu membekas kepada jiwa siswa dan dibawanya sampai akhir hayat. Oleh karena itu sebagai guru kita harus selalu melihat segi positif seorang siswa dan sering-sering mengatakan hal itu kepada mereka. Sebaliknya hal-hal yang belum baik pada mereka harus kita tanggapi secara bijak.

c.       Ucapan yang menyenangkan

Ucapan yang menyenangkan senantiasa memberikan harapan kepada yang diajak bicara, selalu membawa solusi, membangkitkan rasa optimis, memberikan alternatif terbaik dan tidak mengecewakan.

d.      Ucapan yang meneguhkan

Ucapan meneguhkan mampu mengokohkan keyakinan pesera didik dalam usaha menyelesaikan suatu tugas atau dalam mengejar cita-cita. Sehingga semangat yang dimiliki selalu membara dan tidak mengenal putus asa. Karena sejatinya kesuksesan adalah milik semua orang, guru tinggal memberikan ucapan yang dapat menenguhkan semangat siswa dalam menggapainya.

e.       Ucapan yang menyelamatkan

Guru harus memilih kata-kata yang baik ketika menghadapi anak didiknya, baik kepada anak yang baik ahlaknya maupun anak yang kurang baik ahlaknya. Usahakan setiap kata-kata yang diucapkan oleh guru adalah doa yang terbaik untuk keberhasilan dan kesuksesan siswa.

 

f.       Ucapan yang lemah lembut

Ucapan yang lemah lembut akan membuat guru dan siswa semakin dekat secara emosional. Usahakan setiap kata yang kita gunakan selalu lemah lembut. Jangan sampai fisik kita dekat dengan siswa tetapi ternyata hati kita berjauhan.

g.      Ucapan yang santun

Perkataan yang santun selalu menyenangkan hati dan tidak menjurus kepada hal-hal yang tabu, sehingga siswa akan menghormati guru tanpa harus diperintah.

h.      Ucapan yang memuliakan

Dalam melakukan komunikasi dengan siswa kita harus memuliakan mereka, dalam arti menganggap mereka itu penting dan terhormat. Biasakan saat berkomunikasi, kita merasa sejajar dengan mereka. Jadi kita tidak perlu malu menggunakan kata “terima kasih”, “tolong” atau “maaf” sesuai dengan kondisi yang ada.

i.        Ucapan yang berkualitas

Saat berkomunikasi dengan siswa ajaklah mereka berbicara tentang masa depan, mimpi ataupun cita-cita. Bangunlah komunikasi sehat yang lebih banyak berorientasi kepada kemajuan. Hindarilah kata-kata tidak berkualitas yang bisa menjadi virus berbahaya bagi kesuksesan mereka.

4)      Mampu mengajar dengan strategi pembelajaran yang menarik

Seorang guru harus dapat menyampaikan materi pelajaran dengan strategi pembelajaran yang menarik agar tidak menimbulkan kebosanan pada siswa. Bayangkan seorang siswa harus duduk mengikuti pelajaran dari jam 7 sampai 14, tentu mereka sangat bosan jika cara guru menyampaikan pembelajaran selalu sama dan monoton.

Agar dapat mengajar dengan cara yang menarik ada beberapa saran yang dapat dilakukan.

a.       Pembelajaran yang dilakukan harus berbasis pada keteladanan

Tidak ada metode pembelajaran yang melebihi keteladanan. Siswa adalah peniru ulung, apapun yang mereka dengar dan lihat akan cepat sekali ditiru. Maka jika ingin siswa melakukan kebaikan, terlebih dahulu berikan contoh yang baik pada mereka.

b.      Menerapkan pembelajaran yang ramah guru dan anak

Guru harus berusaha memberikan stimulus agar anak bisa dengan mudah menerima pelajaran tanpa rasa takut dan tekanan. Hal utama yang harus dimiliki oleh guru dalam menerapkan pembelajaran yang ramah anak adalah guru harus meyakini bahwa setiap anak baik atau berpotensi menjadi baik.

c.       Melakukan pembiasaan melalui pembelajaran berbasis literasi

Guru harus memasukkan pembiasaan membaca dan menulis dalam setiap kegiatan pembelajaran yang dilakukannya.

d.      Pembelajaran dilakukan secara gradual

Pemberian materi kepada siswa harus diberikan secara berangsur-angsur dimulai dari yang sederhana sampai pada tingkat yang kompleks. Selain itu pemberian materi harus disesuaikan dengan umur dan perkembangan jiwa siswa.

e.       Pembelajaran melalui hikmah

Setiap kejadian di dunia pasti mengandung hikmah untuk pelajaran bagi manusia. Guru harus bisa membawa hikmah setiap kejadian yang berhubungan dengan materi pelajaran kepada siswa. Belajarlah dari lingkungan sekitar agar dapat mengambil hikmah yang luas sesuai dengan alam dan kondisi siswa.

f.       Pembelajaran melalui bahasa kias

Terkadang guru perlu menggunakan bahasa kias untuk menerangkan suatu persoalan, terutama persoalan yang berhubungan dengan SARA maupun materi yang dianggap tabu.

g.      Pembelajaran melalui pertanyaan

Guru hendaknya membangkitkan perhatian siswa terhadap materi pelajaran dengan cara mengajukan pertanyaan dan memberikan perghargaan berupa pujian atau apresiasi kepada siswa yang mengajukan pertanyaan kepadanya

 

h.      Pembelajaran melalui pengisahan

Untuk lebih membantu siswa dalam berpikir dan memahami suatu permasalahan, hendaknya guru tidak segan-segan untuk menyelipkan suatu kisah yang mengandung peristiwa sejarah, moral atau etika terkait dengan materi tersebut.

i.        Pembelajaran melalui musyawarah

Biasakan anak untuk bekerja secara berkelompok dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Karena melalui pembelajaran ini anak dilatih untuk menyelesaikan masalah bersama untuk kepentingan bersama.

 

Itulah tips-tips yang dapat dilakukan agar dapat menjadi guru yang berhati guru, sehingga cita-cita untuk mewujudkan siswa yang berkarakter dan berdaya saing dapat terwujud.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARTI DAN MAKNA LOGO "SMPN 1 KUDU JOMBANG"

  LOGO SMPN 1 KUDU Logo SMP Negeri 1 Kudu berupa Perisai segilima berwarna biru langit  bertuliskan SMP NEGERI 1 KUDU dengan semboyan “AGAMIS PELESTARI BUDAYA LOKAL”  beserta  gambar  menara masjid berwarna hijua dengan kubah berwarna merah, dua buah sayap berwarna kuning emas yang berjumlah 5 untuk tiap sisinya, satu bintan di atas kubah berwarna emas, buku berwarna biru tua dan sebuah gamelan.   A.       GAMBAR DAN ARTINYA 1.        PERISAI SEGI LIMA berarti tekad sekolah untuk membentengi seluruh wragnya terhadap pengaruh yang tidak baik berdasarkan lima sila dari pancasila 2.        MENARA MASJID Berarti letak SMPN 1 Kudu di kota Jombang sebagai kota santri 3.        BINTANG Tekad untuk membimbing setiap siswa untuk mencapai prestasi maksimal sesuai dengan bakat dan kemampuannya 4.        SAYAP BERJUMLAH LIMA KANAN DAN KIRI Tekad untuk mengantarkan warga sekolah menuju masa depan yang lebih baik 5.        BUKU Kegiatan Belajar dan Mengajar yang dilaksanakan

SOAL PILIHAN GANDA DAN JAWABAN TENTANG PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA

  1. Orang atau kelompok orang yang mendapat kepercayaan masyarakat sebagai pemimpin lembaga kemasyarakatan untuk mengadakan perubahan dinamakan ... . a. agent of change                                      c. unplanned change b. intended change                                       d. unintended change 2. Suatu penemuan baru yang sudah diterima dan dipakai masyarakat disebut ... . a. discovery                                                c. invention b. inovasi                                                    d. aplikasi 3. Perhatikan data berikut ini! 1) Hubungan didasarkan kekeluargaan        5) Pendidikan formal tinggi 2) Tertutup dengan masyarakat lain                        6) Mendasarkan hukum tertulis 3) Memanfaatkan IPTEK untuk kesejahteraan   7) Ekonomi pasar 4) Profesional                                                           8) Sikap menerima perubahan Ciri masyarakat modern ditunjukkan pernyataan …. a. 1, 2, 3, 4, 5, 6                      

RINGKASAN MATERI NEGARA MESIR

  MESIR A.       Letak               1.        Astronomis:;   22 0   LU - 32 0   LU dan 25 0   BT   - 36 0 BT B.       Batas Wilayah Utara         :    Laut   Mediterania Selatan      :   Sudan Barat          :   Libya Timur         :   Laut Merah C.       Iklim   1.        Berdasarkan garis lintangnya, Negara Mesir memiliki iklim subtropik   dengan dua musim yaitu musim panas yang sangat panas (hot summer) dan musim dingin yang ringan (mild winter) 2.        Berdasarkan kondisi fisiknya memiliki iklim   gurun D.       Bentuk muka bumi 1.        Sebagian besar berupa gumuk pasir (sand dunes) 2.        Bentuk muka bumi utama a. Semenanjung Sinai  Semenanjung Sinai merupakan daerah tandus dan bergunung-gunung dengan puncaknya Jabel Katherina (1.602 m).  b. Gurun Timur  Daerah Gurun Timur terletak di antara Laut Merah dan Sungai Nil. Wilayahnya berupa pegunungan yang tandus dan sulit dilalui. Puncak tertingginya adalah Jabel Hamanda dengan tinggi 1.977